Sabtu, 01 Januari 2011

SOCIAL MEDIA

Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.




B. BENTUK-BENTUK SOCIAL MEDIA
Berikut ini adalah bentuk-bentuk atau beberapa jenis sosial media beserta beberapa contoh yang bisa kita ikuti. Sebelumnya silakan cek ketersediaan username yang anda inginkan melalui website usernamecheck.com.
Bentuk beserta contoh dari Social media adalah :
Communication (Berkomunikasi)
Sosial media jenis ini umumnya bertujuan untuk menyalurkan hobby menulis, mencari dan menambah teman-teman virtual, kemudian bercakap-cakap via chat media yang tersedia. Contoh :
  • Blog : Blogspot (Blogger), WordPress, Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
  • Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
  • Social Networking : Friendster, Facebook, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll
  • Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
  • Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
Collaboration (Berkolaborasi)
Bentuk social media jenis ini bertujuan untuk saling mengisi kekurangan dan saling berkolaborasi ide, gagasan dan pendapat melalui situs-situs berbasis web 2.0 yang editable. Contoh :
  • Wiki : Wikipedia, Wiki Ubuntu-ID, wakakapedia, dll
  • Social Bookmark : Del.icio.us, StumbleUpon, Digg, Reddit, Technorati, Lintas Berita, Infogue
  • Writing : cerpenista, kemudian.com
  • Reviews : Amazon, GoodReads, Yelp
Multimedia
Berisi tentang hasil karya cipta user/pengguna, baik berupa gambar, foto, maupun desain yang bisa dishare ke pengguna lainnya. Contoh social media dalam kategori Multimedia diantaranya :
  • Image and Photo Sharing : Flickr, Photobucket, DeviantArt, dll
  • Video Sharing : YouTUBE, Vimeo, Mediafire, dll
  • Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
  • Design : Threadless, GantiBaju, KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia)
Miscelaneous
  • Map : wikimapia, GoogleEarth
  • e-Commerce : ebay, alibaba, juale.com, dll
  • Games : Travian, Three Kingdoms, Second Life, e-Republik, World of Warcraft, dll
  • File Sharing and Hosting : 4shared, rapidshare, indowebster.com
C. MANFAAT BERSOSIAL MEDIA
Secara tidak sadar dengan bergabung dengan layanan sosial media di atas, kita akan memiliki banyak teman-teman baru (secara virtual), bertemu kembali dengan teman lama sehingga terciptalah suatu reuni.Para Selebriti lebih mudah berjumpa dengan fans, begitu pula sebaliknya, fans merasa lebih dekat dengan idolanya hanya melalui situs jejaringsosial.
Saat ini banyak informasi-informasi tersebar lebih cepat dan lebih up to date melalui situs-situs social media dibandingkan dengan media mainstream resmi seperti news, koran, televisi, dll. Maka dengan hai ini bermunculah banyak Pewarta Warga atau dengan istilah lain Citizen Jurnalism. Mereka tidak belajar bagaimana mengabarkan berita, tetapi melalui tulisan sepanjang 140 karakter bisa jadi informasi yang penting untuk kita dan tidak kalah dari media-media massa lain.
Mungkin masih banyak yang menganggap bercakap-cakap di Sosial Media ini  hanya dianggap bentuk lain dari pergaulan. Tapi di sisi lain sebut saja bisnis, teknologi, pendidikan, komunitas, dan lain-lain bisa diartikan sebagai peluang emas, analisa kebutuhan dan target pasar, kemudahan berkomunikasi, kemudahan bertukar ide dan bekerjasama, hingga sarana berbagi pengetahuan.
Perlu diingat, Di Indonesia setidaknya telah ada 2 kali penggalangan massa cepat melalui situs-situs jejaring sosial. Pertama, saat gerakan Coin for Prita dan yang kedua adalah Gerakan Sejuta Facebooker Mendukung Bibit & Candra. Terbukti, kini bisa terkumpul massa dengan cepat dengan beberapa klik di depan komputer ber internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar